Wae Rebo, Desa Terindah yang diakui UNESCO di Indoneisa - Titik Wisata

Wae Rebo, Desa Terindah yang diakui UNESCO di Indoneisa

- January 30, 2018
Wae Rebo adalah sebuah kampung adat tradisional yang berlokasi di dataran tinggi Manggarai, dengan ketinggian sekitar 1200 mdpl. Terletak sebelah barat daya Kota Rueng Kabupaten Manggarai , NTT.
Desa We Rebo
Rumah Adat Wae Rebo


Kampung Wae Rebo resmi diakui oleh UNESCO pada tahun 2012 lalu, Wae Rebo merupakan kampung adat yang masih asing bagi warga Indonesia, tetapi terkenal di masyarakat mancanegara.

Keindahan kampung Wae Rebo, membuat kampung ada salah satu ini dikenal oleh mancanegara bahkan UNESCO. Kampung Wae Rebo resmi menjadi salah satu tempat bersejarah serta situs warisan budaya oleh UNESCO. 

Selain menjadi situs warisa budaya, Kampung Wae Rebo juga, menjadi salah satu kandidat peraih Penghargaan Agra Khan dalam bidang arsitektur.

Di Kampung Wae Rebo ini, terdapat 7 rumah utama yang dikenal dengan Mbaru Niang, yang terbuat dari rumput ilalang dianyam.  Tujuh Mbaru Niang ini dikumpulkan dalam padang rumput dan dikelilingi bukit bukit indah. 

Aturan yang harus diketahui di Kampung Wae Rebo

Jika ingin berwisata serta berkunjung di Kampung Wae Rebo terdapat beberapa aturan yang wajib kalian ketahu, seperti, pengunjung diwajibkan mengetuk kentongan bambu sebagai pertanda tamu telah datang yang disediakan di pos ketiga.

Setelah membunyikan kentongan, para wisatawan diharuskan untuk mengunjungi Rumah Gendang (Mbaru Niang Gendang) untuk melakukan upacara adat penghormatan kepada para leluhur.

Upaca penghormatan kepada leluhur disebut dengan Waelu'u, sebelum melaksanakan upacara adat, para wisatawan dilarang membawa kamera, untuk mengambil foto maupun aktivitas di Kampung Wae Rebo.

Upacara ini akan dilaksanakan pada saat wisatawan berkunjung ke Wae Rebo bertujuan untuk meminta perlindungan kepada para leluhur serta memanjatkan keselamatan saat berada di Wae Rebo. Setelah upacara tersebut dilakukan, barulah para wisatawan dapat berkeliling menikmati Wae Rebo.

Mencapai ke Kampung Wae Rebo

Untuk dapat berkunjung ke Kampung Wae Rebo, kalian dapat menggunakan berbagai moda transportasi yaitu motor dan mobil. Apabila menggunakan motor dan mobil kalian dapat menempuh waktu perjalanan hingga 7-8 jam dari Labuan Bajo, setelah itu kalian akan trekking sejauh 8 km dengan menempuh waktu 2 sampai 4 jam.

Budget untuk berwisata ke Kampung Wae Rebo, dapat kalian simak ulasan kami di bawah ini. 
  • 1. Sewa Mobil Rp. 2.000.000, termasuk sopir, bensin, serta 2 hari. 
  • 2. Sewa Motor Rp. 75.000 per hari
  • 3. Bensin, membutuhkan 6 liter, sehingga 6liter x Rp. 15.000= 90.000
  • 4. Harga Tiket Masuk Wae Rebo Rp. 200.000 tidak termasuk penginapan
  • 5. Guide Rp. 250.000- 300.000
 

Advertise here