Fakta Menarik Seputar Pulau Sabu Yang Wajib Anda Ketahui - Titik Wisata

Fakta Menarik Seputar Pulau Sabu Yang Wajib Anda Ketahui

- January 14, 2018
Pulau Sabu,merupakan salah satu pulau terluar dari Indonesia,berdekatan dengan pulau Sumba,Rote,dan Timor. Banyak orang yg belum tau kalo di Indonesia ini ada sebuah pulau yg namanya Sabu,yg kawasan lautnya sekarang menjadi kawasan nasional konservasi paus dan aneka hewan lautnya.


Pulau Sabu ialah sebuah pulau dengan keadaan alam yg ekstrim,musim hujan disini hanya berlangsung sebentar,antara tiga bulan sampai empat bulan. Musim hujan disini biasanya berlangsung dari bulan Desember sampai Maret. Selebihnya adalah musim panas yg sangat ekstrim.

Di Pulau Sabu nanti kalian akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang sangat indah. Butiran pasir putih yang begitu lembut layaknya tepung. Hamparan perlautan yang luas dan deburan ombak yang begitu syahdu membuat kita nyaman saat berada disana.

Lokasi Pulau Sabu

Dimana sih lokasi pulau sabu? apakah jauh dari pusat ibukota Nusa Tenggara Timur? Lalu apakah sulit untuk menggapai kesana?. Lokasi Pulau Sabu terletak di antara Pulau Sumba dan Pulau Rote, Lokasi Pulau Sabu sendiri terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur. 

Apabila kamu berkunjung ke Pulau Sumba dan Pulau Rote maka mintalah kepada sang nahkoda kapal untuk mampir sebentar ke Pulau Sabu. Disana adat dan budaya asli Pulau Sabu masih kental. Di Pulau Sabu Kalian akan menemui Tambak Garam Tradisional dengan menggunakan cangkang kerang.

Rute Perjalanan Menuju Pulau Sabu

Untuk bisa menuju ke Pulau Sabu ada 2 alternatif transportasi, yaitu laut dan udara. Jika ingin berlibur ke Pulau Sabu maka kalian bisa pergi dari Kota Kupang lalu melalui Sumba . Dari Sumba, kalian dapat menggunakan Pesawat Perintis dengan nama Susi Air, Maskapai penerbangan milik menteri kelautan, Ibu Susi Pujiastuti, dengan tarif tiket pesawat Susi Air sebesar Rp. 260.000,00* dengan harga subsidi. Dengan jadwalnya yaitu senin hingga jumat.

Selain dengan menggunakan moda transportasi udara yaitu pesawat kalian dapat melewati dengan moda transportasi laut, kalian bisa menggunakan Kapal Penyebrangan Ferry, dengan jadwal keberangkatan hari senin dan akan tiba pada selasa shubuh, dengan tarif tiket sebesar Rp. 96.000,00*. 

Jika kalian dari Kota Kupang terdapat beragam moda transportasi menuju Pulau Sabu, Pesawat ada tiap hari senin-jumat dengan tarif yang lebih mahal yaitu Rp.1.200.00,00* dan transportasi laut yaitu Kapal Penyebrangan Ferry berangkat tiap hari senin dan jumat, dengan harga tiket sebesar 110 ribu*. Kapal Ferry akan menempuh perjalanan sekitar 10 jam. Ferry Cepat menempuh waktu 5jam dengan harga tiket sebesar 250k* 

Penginapan Sekitar Pulau Sabu

Bagi teman-teman yang akan berencana pergi ke Pulau Sabu, tapi masih memikirkan nanti kalau sampai sana. teman-teman akan menginap dimana? tenang, teman-teman jangan khawatir, karena disekitar pulau sabu terdapat banyak penginapan serta warung untuk mencari makan. Harga Penginapan Sekitar Pulau Sabu bervariasi yaitu 250k, 350k, 500k* per malam.

Untuk Harga makanan yang dijual di warung sekitar Pulau Sabu pun bervariasi, mulai dari 10k - 100k, akan tetapi rata-rata harga makanan untuk satu orang itu sekitar 30k, murah bukan? 

Transportasi Di Pulau Sabu

Bagi teman-teman yang sedang menyusun rencana kegiatan pada waktu berlibur di pulau sabu, namun masih bingung, membawa kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan di Pulau Sabu. Tenang Sob, Penyewaan kendaraan di sekitar pulau sabu cukup banyak dan beragam. akan tetapi harga nya tidak ramah dikantong. tarif yang dipasang sekitar 1juta per hari, atau teman-teman bisa menggunakan ojek asli sekitar dengan harga 250ribu 

Waktu Yang Ideal Berkunjung Ke Pulau Sabu

Waktu yang cocok untuk berkunjung ke Pulau Sabu yaitu akhir mei hingga awal juni, Kenapa? Karena pada waktu-waktu tersebut selain mendapatkan panorama pemandangan Pulau Sabu yang begitu indah, juga kita dapat melihat acara adat di Pulau Sabu.

Acara adat Di Pulau Sabu biasanya dilaksanakan pada waktu-waktu mei hingga juni. Apabila sobat traveller berkunjung pada waktu musim hujan, teman-teman akan disuguhi pemandangan pemandangan bukit di sekitar Pulau Sabu yang tampak sangat hijau, Selain waktu yang tepat untuk berkunjung Pulau Sabu , juga resikonya sangat berat, rata-rata jalan di pulau sabu akan becek serta kapal-kapal laut tidak berani belayar karena resiko sangat berat. Jika ingin pulang kalian bisa menggunakan kapal akan tetapi harganya sangat mahal.
 

Advertise here