10 Tempat Wisata Menarik dan Indah Terbaru Di Wonogiri - Titik Wisata

10 Tempat Wisata Menarik dan Indah Terbaru Di Wonogiri

- January 20, 2018
titikwisata.com- Wonogiri secara letak geografis nya termasuk bagian Provinsi Jawa Tengah, Wonogiri merupakan salah satu kabupaten yang ada di Jawa Tengah, Bagian utara Wonogiri berbatasan langsung dengan Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Sukoharjo, bagian selatan wonogiri ialah berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Timur



Wonogiri, selain dikenal dengan iklim yang tandus dan gersang, Wonogiri juga memiliki waduk yang terkenal se-Indonesia yaitu, Waduk Gajah Mungkur, namun disini kita tidak hanya membahas 1 obyek wisata saja, nantinya kita akan membahas sebagian besar tempat wisata yang ada di Kabupaten Wonogiri.

Baiklah, Mari kita mulai, Titik Wisata akan mengajak anda untuk berkeliling kabupaten Wonogiri, mulai dari wisata dari ketinggian hingga yang ada di tengah kabupaten. Berikut ini 10 Tempat Wisata Menarik Untuk Dikunjungi yang ada di Wonogiri

1. Bukit Cumbri

Akhir-akhir ini terutama di laman instagram kalian dipenuhi dengan tempat wisata yang ada di Wonogiri yang bernama Bukit Cumbri? Bukit Cumbri hanya sebatas tempat wisata yang jauh tinggi diatas saja? Tentu tidak, Bukit Cumbri memiliki panorama yang indah apabila kita mengunjunginya.
Pemandangan Bukit Cumbri.


Bak Di Negeri Awan, kata kebanyakan orang yang mengulas atau pernah berkunjung kesana? Bagaimana tidak? Bukit Cumbri dikenal sebagai Negeri Awan-Nya Wonogiri. Waktu yang cocok untuk berkunjung kesini ialah pada waktu setelah shubuh. Selain kita mendapat sunrise, kita juga dapat pemandangan yang cukup langka dan hanya ada pada saat setelah shubuh, yaitu awan tebal yang mengelilingi Bukit Cumbri

Dimana sih lokasinya Bukit Cumbri? Bukit Cumbri berlokasi di Purwantoro, Kabupaten Wonogiri, apabila kalian berkunjung dari Kota Solo maka akan menempuh waktu sekitar 2 jam ke arah tenggara. Berapa sih Harga Tiket Masuk atau HTM ke Bukit Cumbri? Harga Tiket Masuk atau HTM ke Bukit Cumbri tidak dipungut biaya, alias gratis tis.

2. Pantai Nampu

Secara geografis, letak Pantai Nampu berada di pesisir selatan Kabupaten Wonogiri, namun banyak orang yang mengira bahwa Pantai Nampu terletak di Kabupaten tetangga, yaitu Kabupaten Gunung Kidul. Setiap musim liburan Pantai Nampu dibanjiri oleh wisatawan yang berkunjung dari dalam kabupaten maupun luar wilayah.
Bertawa-ria di Pantai Nampu

Ternyata ada tempat eksotis lho di Pantai Nampu? Dimana sih emang? Tempat eksotis yang ada di Pantai Nampu yaitu Bukit Indah Nampu. Bukit Indah Nampu ialah salah satu deretan puluhan pantai yang berjejer rapi disepanjang garis Pantai Nampu, yaitu Pantai Wediombo, Jungwok, dan lainnya.

Pemandangan yang akan pertama kali dilihat oleh wisatawan yang akan datang kesini ialah hamparan samudra yang terbentang biru nan luas. Wisatawan dapat menikmati pemandangan samudra dari gazebo yang telah diadakan disana

Lokasi Pantai Nampu berada di Guntur Harjo, Paranggupito, Wonogiri. Biaya Harga Tiket Masuk atau HTM ke Pantai Nampu sekitar Rp.5000 per Orangnya.

3. Bukit Gantole atau Bukit Ganthole

Bukit Gantole atau Bukit Ganthole ini terletak persis di samping Waduk Gajah Mungkur, saat di sore hari, kamu akan dimanjakan dengan view atau pemandangan cantik Sunset, Bukit Gantole menyimpan secercah potensi wisata yang dapat dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk dapat berfoto ria.

Bukit Gantole ini merupakan Bukit kedua yang indah setelah Bukit Cumbri, tapi bedanya, Bukit Gantole ini kurang tinggi, jadi kumpulan awan tebal masih jauh diatas sana, namun ketika sore hari, Bukit Gantole ini sangat menawan, saat matahari meninggalkan bumi, pada saat itu yang tepat agar dapat memotret dan menikmati keindahannya.

Lokasi atau alamat dari Bukit Gantole ini berada persis di samping Waduk Gajah Mungkur, namun lebih tepatnya Lokasi Bukit Gantole ini berlokasi di Sendang, Wonogiri, masih bingung? bisa dilihat melalui peta dibawah ini


4. Museum Kars Wonogiri

Museum Kars Wonogiri, didalamnya kita akan mendapatkan wisata edukasi, yaitu wisata pengetahuan tentang perbukitan kars yang berada di sekitar Wonogiri, selain itu juga Museum Kars Wonogiri merupakan  Museum Kars Terbesar Se-Asia Tenggara, fakta yang menarik bukan?
Salah satu wahana di Museum Kars


Museum Kars ini berlokasi di Pracimantoro, lebih tepatnya lokasi Museum Kars ini berada di Desa Gebangharjo, Pracimantoro, Wonogiri. Museum Kars Wonogiri diresmikan pada tahun 2010 lalu oleh Bapak Presiden Kita, yaitu Bapak Susilo Bambang Yudhoyono.

Berapa sih harga tiket masuk ke Museum Kars Wonogiri? apakah mahal? Tentu tidak kawan, sebab Harga Tiket Masuk Museum Kars Wonogiri cukup murah dan ramah di kantong, Harga Tiket Masuk Museum Kars Wonogiri sekitar Rp.3000 untuk hari senin-sabtu dan Rp.4000 untuk hari minggu atau libur.

5. Gunung Andong

Gunung Andong ialah salah satu gunung yang ada di Kabupaten Magelang, Gunung Andong bertipe perisai, Bagi kamu yang pemula dalam hal mendaki, gunung ini sangat cocok bagi kamu, pasalnya tantangan dan medan nya tidak sangatlah sulit.
Negeri Awan

Jalur Pendakian Gunung Andong sangatlah beragam, dimulai dari camp pergi ke pos satu dengan melalui sawah milik  penduduk. 

6. Watu Cenik

Destinasi obyek tempat wisata Watu Cenik ini berlokasi di Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, tepatnya lokasi atau alamat watu cenik berada di Desa Sendang, Wonogiri. Wisata Watu Cenik masih tergolong anyar atau baru pasalnya Watu Cenik Baru di resmikan 1 tahun yang lalu dan dikelola oleh pemerintah
Watu Cenik

Watu Cenik juga satu kawasan dengan Bukit Gantole, dari atas puncak watu cenik kalian akan dapat melihat pemandangan kota wonogiri dari ketinggian, dan dapat juga untuk berburu sunset maupun sunrise.

7. Puncak Secokro

Puncak Secokro merupakan salah satu dari banyaknya sudut pandang untuk melihat keindahan alam Wonogiri dari ketinggian, Puncak Secokro juga masih tergolong dalam wisata yang masih baru dan baru diresmikan pada tahun lalu.
instagram: rivaldhideska


Lokasi Puncak Secokro berada di Kabupaten Wonogiri lebih tepatnya Lokasi atau alamat Puncak Secokro ini berada di Desa Bakalan, perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur.

8.  Tlaga Claket Sendangijo

Tlaga Claket Sendangijo ini termasuk dalam kawasan perbatasan dengan Sukoharjo dan Wonogiri. Tlaga Claket atau sering disebut dengan Claket Riverside pasalnya mempunyai pesona indah yang bersatu dengan perbukitan hijau disekelilingnya.


Harga Tiket Masuk (HTM) Tlaga Claket ini sebesar Rp. 5000 per orangnya. Lokasi Tlaga Claket Sendang Ijo atau Claket Riverside berada di Sendang Ijo, Selogiri, Wonogiri.

9. Randu Bang

Sebenarnya Randu Bang itu nama dusun yang ada di Wonogiri, Randu Bang terletak di belakang Gunung Gandul,  Untuk menuju ke Randu Bang anda bisa melalui Wonogiri lalu melanjutkan perjalanan ke Gunung Gandul. Jalan menuju kesana, sudah halus dan di aspal, jadi kita tidak perlu bingung untuk mencari cara ke sana.

Randubang merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Kabupaten Wonogiri, akhir-akhir ini kita sering menemui foto tentang randubang yang diunggah ke sosial media. Tempatnya begitu apik, sehingga menjadi destinasi wisata selfie terbaru di Wonogiri.

Letak Randubang berada di salah satu dusun dan desa di Kabupaten Wonogiri, yaitu Dusun Randubang yang terletak di belakang Gunung Gandul

10.  Air Terjun Banyunibo

Secara letak geografis Air Terjun Banyunibo terletak di Daerah Kabupaten Wonogiri, namun secara administratif terletak di Kabupaten tentangga yaitu Kabupaten Gunung Kidul. Jika ingin ke Air Terjun Banyunibo kalian dapat pergi dari kota Jogja, setelah itu menuju jalan Wonosari dan ikutilah papan petunjuk ke Air Terjun Banyunibo

Air Terjun Banyunibo memiliki ketinggian 35 meter. Harga tiket masuk ke Air Terjun Banyunibo tidak dipungut biaya alias 0 rupiah saja.

 

Advertise here